Jalan-Jalan ke Singapura? Kunjungi 10+ Tempat Gratis Ini Ya!

Siapa yang berencana pergi ke Singapura?

Semingguan ini kayaknya banyak juga orang Indonesia yang melancong ke negara tetangga itu ya. Apa lagi kalau bukan karena konser Coldplay yang digelar 6 hari di sana. Kamu datang juga nggak?

Meski negaranya nggak bisa dibilang murah, jangan khawatir! Kamu bisa tetap mengeksplor negara singa ini dengan datang ke berbagai tempat gratis yang wajib dikunjungi.

Ada apa aja sih? Check this out!


Jewel @ Changi Airport

Dinobatkan sebagai salah satu bandara terbaik di dunia versi Skytrax, Changi Airport punya banyak atraksi wisata yang bisa kamu jelajah begitu tiba di Singapura.

Salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi adalah Jewel Changi, air mancur indoor yang buka mulai pukul 10 pagi. 

Sumber: TimeOut

Di sini kamu bisa menikmati berbagai atraksi menarik seperti Rain Vortex, Shiseido Forest Valley, dan Canopy Park, termasuk ngelihat skytrain yang menghubungkan terminal di Changi Airport.

Tempat ini jadi mandatory banget, nggak ke Singapura kalau nggak ke Jewel ya :P

Katong @ Joo Chiat Road


Sebelum menuju pusat kota, kamu bisa naik MRT Changi tujuan Tanah Merah, dan lanjut naik bus ke Joo Chiat Road

Di sini kamu bisa ngerasain nuansa yang heritage dan lokal ala Singapura, salah satunya ngelewatin beberapa rumah warna-warni dengan arsitektur klasiknya, berasa balik ke masa lalu gitu.

Oh iya, nggak perlu beli Singapore Tourist Pass alias emoney-nya Singapura, karena cukup dengan kartu Jenius yang sudah ada fitur contactless payment-nya, kamu bisa naik MRT, bus, sampai beli makanan jadi lebih gampang.


library@orchard

Tempat yang satu ini nggak boleh ketinggalan buat kamu yang suka baca buku. Nggak cuma itu, banyak sudut perpustakaan yang catchy buat jadi bahan kontenmu.


library@orchard nggak cuma terbuka buat warga Singapura, tapi siapapun boleh datang ke sana dan menikmati fasilitas yang ada. 

Meski gratis, koleksi bukunya banyak yang menarik dan pastinya dirawat dengan baik. Sstt, jangan lupa jaga ketenangan dan kenyamanan pengunjung lainnya, jangan berisik ya! 

Merlion Park

Setelah eksplor sebentar, boleh deh mlipir ke hotel dulu buat istirahat dan simpan koper. Selama di Singapura, bayar hotel juga bisa langsung pakai kartu kredit Jenius aja. Lumayan kan Yay Points-nya bisa ditukar Krisflyer miles atau Traveloka points buat rencana traveling berikutnya!


Dari hotel, pastinya nggak boleh lupa datang ke Merlion Park. Well, sekarang sih kabarnya patung singa Merlion ini lagi diperbaiki. Tapi kamu masih bisa lihat versi "anaknya" yang lebih gemoy, hihi.

Tempat ini ikonik banget dan pemandangannya keren menghadap Marina Bay Sands, apalagi pas matahari terbenam. Kamu juga bisa lihat river cruise yang menyusuri sepanjang sungai.

Sumber: Unsplash

Esplanade

Dari Merlion Park, berjalan sedikit menuju panggung outdoor dengan kubah semi terbuka bernama Esplanade. Biasanya di sana banyak atraksi seni dan pertunjukan gratis yang bisa dinikmati.

Jangan salah, nggak cuma sebagai penonton, kamu juga bisa ikut serta meramaikan keseruan penampilan yang datang dari berbagai negara ini lho!

Sumber: Esplanade

Spectra Light & Water Show

Di sekitar area Marina Bay Sands, kamu bisa menikmati pertunjukan cahaya yang spektakuler di atas air dengan alunan musik yang mengagumkan.

Spectra Light & Water Show ini berdurasi selama 15 menit dan terbuka buat umum tiap jam 8pm & 9pm (tiap malam) dan jam 10pm (khusus Jumat & Sabtu malam).


Old Hill Police Station

Jauh-jauh ke negara orang ngapain ke kantor polisi? Eits, jangan salah, Old Hill Police Station punya bangunan yang keren dan bisa jadi spot foto yang unik.


Sebagai bekas stasiun polisi tertua di Singapura, tempat ini cocok banget buat kamu yang suka eksplor wisata sejarah. Dan terpenting, nggak dipungut biaya, asal jangan bikin rusak ya >w<

Fort Canning Tunnel

Nggak jauh dari Old Hill Police Station, ada Fort Canning Tunnel yang asyik buat disambangi. Suasana damainya bakal bikin pengalaman jalan-jalanmu makin seru.

Dikelilingi banyak tanaman yang subur dan terawat, Fort Canning Park adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota.


Berjalan terus menuju tunnel, kamu bisa menemukan spot foto unik dengan pepohonan hijau ini. Tips, datang lebih awal karena antriannya bisa mengular.

Universal Studio Globe

Siapa bilang ke Universal Studio Singapore harus bayar? Nggak salah sih, kalau buat masuk ke dalamnya dan merasakan permainannya, kamu bisa beli tiketnya mulai dari SGD 88 aja. 

Bayarnya bisa banget pakai kartu debit Jenius. Lewat mata uang asing SGD yang dihubungkan ke m-Card (kartu Jenius warna oranye), kamu bisa dapatkan kurs terbaik dolar Singapura tanpa biaya tambahan.


Tapi kalau buat sekadar foto di depan globe Universal Studio itu, kamu bisa kok datang ke Resort World Sentosa dan foto gratis di sana.


Garden by The Bay

Siapa yang nggak kenal sama tempat ini? Garden by The Bay selalu jadi pilihan favorit buat jalan-jalan dengan banyak supertree grove yang mencengangkan.

Jelajahi taman-taman yang menakjubkan, pohon-pohon besar yang mengagumkan, dan berfoto di dekat bunga-bunga raksasa nggak boleh ketinggalan!

Sumber: Unsplash

Tiap malam pukul 7.45pm dan 8.45pm, kamu juga bisa menyaksikan light show Garden Rhapsody yang nggak kalah indah dari Spectra. Selalu cek info terbarunya di sini ya!

Sultan Mosque

Buat yang suka eksplorasi budaya dan wisata agama, bisa banget nih mampir ke Sultan Mosque di area Kampong Glam. Bangunannya megah dan penuh sejarah.


Buat yang Muslim, nggak cuma bisa ikut shalat di sini, kamu juga bisa ngerasain vibes ala Timur Tengah dengan makan di berbagai pilihan restoran yang ada.

Nah, itu dia 10+ tempat keren yang bisa dikunjungi tanpa harus keluar banyak uang. Semoga bisa jadi referensi buat rencana jalan-jalanmu ke Singapura. 

Kalau ada info tempat gratis lainnya di Singapura, boleh dong tulis di kolom komentar di bawah ya!


Oh iya, sebelum ke Singapura, aku pake fitur Dream Saver dari Jenius buat nyicil nabung budget selama jalan-jalan di sana. Bener-bener membantu banget buat atur keuangan karena kita bisa tahu progresnya sampai mana. 

Selain itu, sejak ada Jenius, aku udah jarang banget tukar uang Rupiah ke mata uang asing. Karena tarik tunai Jenius di luar negeri gampang banget, biaya adminnya juga terjangkau, dan pastinya aman dong.

Jadi, nggak perlu lagi deh bilang ke temenmu itu, "agar silaturahmi tidak terputus, boleh dong pinjam seratus". Karena bareng Jenius, pastinya bisa tetap #jalan2jenius, ciyuuss 🤞🏼



Post a Comment

0 Comments